top of page

LDKS Jadi Ruang Pembentukan Mental Pengurus OSIS SMAK Syuradikara

Updated: Oct 25, 2023




Ende, Syuradikara.sch.id - OSIS SMAK Syuradikara menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa atau LDKS untuk para pengurus organisasi masa bakti 2024/2025 yang bertempat di Nanganesa, Jumat, 19 Oktober hingga Minggu, 21 Oktober 2023.


Diketahui LDKS adalah program tahunan yang wajib diikuti oleh pengurus OSIS dan MPK sebagai media pembentukan mental kepemimpinan dan membangun kesadaran serta kemandirian siswa terkait berbagai hal selama menjadi seorang pelajar di SMAK Syuradikara.


Isto Balun, Pembina OSIS SMAK Syuradikara mengatakan, tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak siswa yang selalu bergantung pada orang tua mulai dari hal terkecil hingga hal-hal yang sebetulnya bisa dipersiapkan sendiri.


“Lama-kelamaan ketergantungan ini akan menjadi penyakit yang sulit untuk disembuhkan apalagi dihilangkan,” katanya.


Kegiatan ini, lanjut Isto, meliputi pelatihan ketangguhan mental dan pemberian materi kepada seluruh pengurus OSIS dan MPK SMAK Syuradikara Ende.



Dalam momentum pelepasan rombongan OSIS SMAK Syuradikara pada 19 Oktober 2023, Bruder Kristianus Riberu, SVD, Kepala Sekolah SMAK Syuradikara Ende, mengimbau supaya kegiatan tersebut dijalankan sebaik mungkin untuk menghasilkan pengurus OSIS yang bermental pemimpin.


“Penting sekali untuk serius dan membawa diri dalam seluruh proses. Ini penemuan dan penggalian mental juga untuk adik-adik semua,” katanya.


Jadi, kata Bruder Kris, pengurus OSIS mesti memanfaatkan peluang tersebut sebagai bagian dari proses pembentukan mental dan karakter kesiswaan yang unggul dan siap menjadi pahlawan utama di tengah dunia.


Diketahui, LDKS ini menampilkan berbagai kegiatan penting seperti materi motivasi oleh Yustin Kopertino, Spiritualitas SVD oleh Bruder Kris, Pengenalan OSIS dan MPK oleh Isto Balun dan Eman Batena, Public Speaking oleh Pater Frans Ndoi, SVD, Teknik Memimpin Rapat oleh Marianus Nato, Tekni Surat-Menyurat oleh Eto Kwuta, Tekni Debat oleh Stefanus Luon, PBB oleh Silvester Gade, dan Teknik Melobi oleh Silvester Keu.


Josefa Rona Tonda (Jurnalis Muda Syuradikara)

bottom of page