top of page

Syuradikara Punya Pemimpin Baru

Updated: Aug 18, 2023

Ende, Syuradikaranews.com - Pada 29 Juli 2023 pagi, suasana cerah dan ceria mewarnai lingkungan SMAK Syuradikara dan SMK Swasta Katolik Syuradikara.


Warga dua sekolah itu berkumpul di SMAK Syuradikara, tepatnya di aula mini Syuradikara, untuk mengikuti serah terima jabatan Kepala SMAK dan SMK Swasta Katolik Syuradikara Ende.


Kegiatan diawali dengan acara Farewell & Welcome Moment Permata Cinta Syuradikara.


Pada kegiatan ini para guru, karyawan dan perwakilan siswa SMAK Syuradikara mengucapkan perpisahan kepada Pater Stefanus Sabon Aran, SVD selaku Kepala Sekolah lama SMAK Syuradikara dan menyambut Br. Kristianus Riberu, SVD sebagai Kepala Sekolah baru SMAK Syuradikara.


Br. Kristianus Riberu, SVD menceritakan bagaimana perjalanannya hingga dipercayakan menjadi Kepala SMAK Syuradikara.


“Saya tidak menyangka menjadi kepala sekolah sekarang, semuanya karena kerja Roh Kudus dan bagaimana Pater Stef dan Tuhan menaruh harapan pada pundak saya,” katanya.


Bruder Kris mengajak segenap Civitas Akademika SMAK Syuradikara agar bekerja membangun Syuradikara dengan tulus hati.


Momen haru berlangsung saat para guru, karyawan, dan perwakilan siswa mengucapkan salam perpisahan kepada Pater Stefanus Sabon Aran, SVD yang sudah 13 tahun memimpin SMAK Syuradikara sejak 28 Mei 2011.


Ibu Emi Uran tampil dengan puisinya yang berjudul “Kurajut Setia” yang dipersembahkan khusus untuk Pater Stefanus Sabon Aran, SVD.


Kegiatan yang dipandu langsung ole Ansie Sare Ora, salah satu pendidik di SMAK Syuradikara, berjalan apik dan lancar hingga masuk pada sesi foto bersama.

Ekaristi Bersama


Warga dua sekolah satu yayasan tersebut langsung mengikuti perayaan Ekaristi Kudus sekaligus melantik Kepala Sekolah SMAK dan SMKK Syuradikara Ende.


Ekaristi dipimpin oleh Pater Provinsial SVD, Eman Embu, SVD, didampingi P. Petrus Bate, SVD, P. Fidelis P. Klau SVD, P. Stefanus S. Aran, SVD, P. Yulius Kuway, SVD, P. Mikhael Kumses, SVD dan beberapa imam dari Serikat Sabda Allah yang menjadi tamu undangan dalam upacara pelantikan Kepala Sekolah SMAK dan SMKK Syuradikara.


Acara serah terima jabatan Kepala Sekolah kepada P. Fidelis Paskalis Klau, SVD sebagai Kepala SMKK Syuradikara dan Br. Kristianus Riberu, SVD sebagai Kepala SMAK Syuradikara Ende dimulai dengan pembacaan SK oleh ketua YASSPA Ende lalu pembacaan dan penandatanganan berita acara.

Dalam sambutannya, P. Stefanus Sabon Aran, SVD, bilang, dengan diubahnya sistem sekolah dibutuhkan kajian dan persiapan sumber daya yang profesional.


"Jangan pernah merusak persaudaraan yang ada di Syuradikara. Tetap bersatu dalam doa, dalam kasih dan juga kemanusiaan,” pesan Pater Stef.

Pater Fidelis juga menyampaikan sambutannya mewakili Kepala Sekolah baru SMKS Katolik Syuradikara dan juga SMAK Syuradikara.


Ia mengungkapkan rasa terima kasih kepada SVD serta semua warga Komunitas Biara St. Michael yang telah memberikan kepercayaan kepadanya dan Br. Kristianus Riberu, SVD untuk menjadi Kepala SMK dan SMAK Syuradikara.


"Kami yakin dengan dukungan ini menjadi inspirasi bagi kami untuk menjadi pemimpin yang siap melayani,” kata Pater Fidel.


Ketua YASSPA Ende, Pater Yulius K, SVD mengucapkan terima kasih kepada P. Stefanus Sabon Aran, SVD dan Br. Pius Ledo, SVD yang mengabdi menjadi Kepala Sekolah.


"Terima kasih atas pelayanan kalian yang mengukir sejarah dan tinta emas ke dalam dua lembaga ini,” ungkapnyam

Diketahui, Br. Kristianus Riberu, SVD dan P. Fidelis Paskalis Klau, SVD akan menjabat sebagai Kepala SMAK dan SMKS Katolik Syuradikara mulai 1 Juli 2023 hingga 30 Juni 2027.


Setelah mengikuti Perayaan Ekaristi Kudus sekaligus Serah Terima Jabatan, para siswa, guru, karyawan dan juga tamu undangan dituntun untuk mengitari bundaran Patung St. Mikhael.


Pada penghujung serah terima Kepala SMAK dan SMKS Katolik Syuradikara, digelar pelepasan balon oleh P. Stefanus Sabon Aran, SVD, Br. Pius Ledo, SVD, P. Fidelis Paskalis Klau, SVD, dan Br. Kristianus Riberu, SVD.


Tim Jurnalis Muda Syuradikara

1. Antonia Septhalia Kota ( XI 8)

2. Alexia Ferdethia Ari (XI 9)

3. Maria Floriani Narida Bata (XII IPA 1)


Comments


bottom of page